Sabtu, 17 Maret 2012

PSIKOTERAPI

Nama : Yurika Purnama Sari

Kelas : 3PA01

NPM : 13509575

Tugas : Psikoterapi ( ke dua)


Apa saja yang kalian ketahui mengenai psikoterapi ?

Psyche : mind / jiwa Therapy : merawat, mengobati, menyembuhkan. Jadi, Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu-ilmu psikologi yang digunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan atau mental seseorang.

Orang yang melakukan psikoterapi disebut Psikoterapis (Psychotherapist). Seorang psikoterapis bisa dari kalangan dokter, psikolog atau orang dari latar belakang apa saja yang mendalami ilmu psikologi dan mampu melakukan psikoterapi.

Sejarah Psikoterapi

Psikoterapi adalah terapi atau pengobatan yang menggunakan cara-cara psikologik, dilakukan oleh seseorang yang terlatih khusus, yang menjalin hubungan kerjasama secara profesional dengan seorang pasien dengan tujuan untuk menghilangkan, mengubah atau menghambat gejala-gejala dan penderitaan akibat penyakit. Definisi yang lain yaitu bahwa psikoterapi adalah cara-cara atau pendekatan yang menggunakan teknik-teknik psikologik untuk menghadapi ketidakserasian atau gangguan mental.

Dalam dunia modern, jumlah orang yang menderita masalah mental terus meningkat. Karena kegagalan metode pengobatan modern, lebih banyak orang sekarang beralih ke metode konvensional yang berbeda seperti psikoterapi yang memiliki beberapa teknik pengobatan tersendiri termasuk membangun hubungan eksperimental, dialog, dan perubahan perilaku si pasien.

Tujuan terapi (Korchin) :

Memperkuat motivasi klien untuk melakukan hal yang benar, mengurangi tekanan emosional, mengembangkan potensi klien, mengubah kebiasaan, memodifikasi struktur kognisi, memperoleh pengetahuan tentang diri, mengembangkan kemampuan berkomunikasi & hubungan interpersonal, meningkatkan kemampuan mengambil keputusan, mengubah kondisi fisik, mengubah kesadaran diri dan mengubah lingkungan sosial.

Ada tiga ciri utama psikoterapi, yaitu:

  1. Dari segi proses : berupa interaksi antara dua pihak, formal, profesional, legal dan menganut kode etik psikoterapi.
  2. Dari segi tujuan : untuk mengubah kondisi psikologis seseorang, mengatasi masalah psikologis atau meningkatkan potensi psikologis yang sudah ada.
  3. Dari segi tindakan: seorang psikoterapis melakukan tindakan terapi berdasarkan ilmu psikologi modern yang sudah teruji efektivitasnya.

Ada banyak metode psikoterapi yang bisa diterapkan, diantaranya adalah Psychoanalysis, Gestalt Therapy, Cognitive Behavioural Therapy, Behaviour Therapy, Body-Oriented Psychotherapy, Expressive Therapy, Interpersonal Psychotherapy, Narrative Therapy, Conditioning, Mental Imagery, Neurolinguistic Programming, Laughter Therapy, Self Programming, Spiritual Therapy, Transpersonal Psychotherapy, Relaxation Therapy, Forgiveness Therapy, Trance Psychotherapy, Neurofeedback dan masih banyak lagi. Psikoterapis yang memahami masalah Anda akan memberikan metode terapi yang paling tepat bagi Anda.

Terapi Kelompok atau psikoterapi kelompok (group psychotherapy) adalah suatu bentuk terapi (psikoterapi) yang dilaksanakan pada kelompok yang terlindungi dan terorganisasi secara formal dan diperhitungkan serta bertujuan untuk perbaikan kepribadian dan perilaku anggota kelompok melalui interaksi kelompok. Ada beberapa terapis yang mengatakan bahwa terapi kelompok dianggap lebih ampuh dari psikoterapi individual. Kriteria keberhasilan terapi kelompok secara esensial sama dengan psikoterapi, yaitu melerai distres, menggalakkan harga diri, insight, dan memperbaiki prilaku serta hubungan sosial. Dalam terapi kelompok sering timbulnya insight lebih efektif. “Melihat diri kita, seperti orang lain melihat kita”. Keberhasilan itu tergantung sebagian besar pada diri terapis dan pemilihan kelompok.

Keuntungan Dari Terapi :

Ada berbagai keuntungan melakukan konsultasi psikoterapis untuk menangani masalah-masalah mental. Beberapa di antaranya adalah:

Mengobati pasien melalui penggunaan neurologi dan psikiatri berbagai disiplin untuk mengobati penyakit mental seperti skizofrenia, gangguan kepribadian, dan ketidakmampuan belajar.

Sebuah sesi terapi psikologis konseling membantu orang agar mau bicara, mengungkapkan isi hatinya sampai melepaskan emosinya. Ada penyakit mental tertentu yang tidak memerlukan pengobatan apapun. Sebaliknya, bahkan dalam beberapa survey dan penelitian berbagai gangguan mental seperti Gangguan Stress Pasca Trauma (PTSD) secara efektif dapat diobati dengan sesi bicara yang dipandu oleh seorang ahli terapis.

Dengan demikian, psikoterapi telah membantu dalam memerangi masalah-masalah mental yang berkaitan dengan emosi yang berakar dari perasaan. Bagi orang-orang yang berjuang dengan berbagai masalah mental hari demi hari, terapi ini menawarkan solusi yang layak untuk semua masalah kejiwaan.

Sumber :

http://xa.yimg.com/kq/groups/20899393/125933547/name/Psikoterapi.doc

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikoterapi

http://www.psikoterapis.com/?en_apa-itu-psikoterapi-%2C6

http://psikologipsikis.blogspot.com/2010/07/pengobatan-mental-dengan-psikoterapi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar