Minggu, 12 Oktober 2008

JADWAL PEMBERIAN PAKAN UDANG

JADWAL PEMBERIAN PAKAN

Jadwal pemberian pakan pun menentukan keberhasilan usaha budidaya udang. Seperti pada organisme lainnya, udang juga mempunyai tingkah laku dan kebiasaan makan tersendiri. Dari pengalaman diketahui bahwa udans merupakan hewan vane aktif makan nada malam hari, oleh karena itu persentase pemberian pakan pada malam hari lebih besar daripada siang hari (pada saat intensitas matahari maksimum). Pemberian pakan pada saat intensitas matahari minimum adalah sejumlah 60 % dari total pakan selama 24 jam.

Dengan demikian efisiensi pakan yang diberikan diharapkan akan lebih terjamin. Waktu pemberian pakan udang muda dan dewasajuga berbeda. Udang dewasa mempunyai metabolik rate dan kecepatan makan yang lebih daripada udang muda. Pakan yang diberikan hendaknya dalam jumlah yang cukup. Jumlah pakan yang diperlukan bagi pertumbuhan optimal berbeda untuk setiap stadia perkembangan udang.

Oleh karena itu diharapkan dengan bekal pakan yang cukup kualitas dan kuantitasnya, udang akan mampu bertahan hidup sampai saat panen. Pemberian pakan diatur dan disesuaikan dengan target produksi yang akan dicapai. Sebaliknya, jika pakan yang diberikan berlebihan, di samping tidak efektif, juga sisa pakan tersebut akan merusak kondisi lingkungan.

sumber : Ir. Sri Umiyati Sumeru
Dra. Suzy Anna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar