Selasa, 22 September 2009

LELE DUMBO

Lele Dumbo

Lele dumbo merupakan jenis lele yang ukuran tubuhnya besar
Ukuran tubuh inilah yang membuatnya disebut dengan lele dumbo. Kata dumbo sendiri diduga berasal dari kata "jumbo" yang berarti berukuran raksasa. Menurut beberapa informasi, lele dumbo merupakan hasil persilangan lele lokal yang berasal dari Afrika dengan lele lokal yang berasal dari Taiwan (Clarias gariepinus x Clarias fuscus). pertama Kali masuk ke tanah air pada tahun 1986.

Tidak banyak petani yang langsung membudidayakan lele jenis ini. Pasalnya beredar rumor bahwa lele dumbo sulit diterima pasar karena dagingnya rapuh dan mudah hancur sehingga tidak senikmat rasa daging lele lokal. Selain itu,teknologi pembenihan dan pembudidayaannya pada saat itu masih sangat rumit karena harus dilakukan melalui kawin suntik. Akibatnya, budi dayanya hanya dapat dilakukan oleh pengusaha dan peternak beemodal besar.

Namun dalam perkembangannya beberapa tahun kemudian, lidah penggemar lele sudah terbiasa dengan cita rasa lele dumbo. Selain itu, teknologi pembenihan dan pembudidayaan lele dumbo yang awalnya rumit menjadi lebih mudah dan praktis karena sudah dapat diakali untuk memijah secara alami. Keadaan tersebut membuat pembudidayaan lele dumbo semakin berkembang dan menyebar ke hampir seluruh wilayah Indonesia.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar