Rabu, 31 Maret 2010

RISIKO USAHA PEMBENIHAN IKAN

RISIKO USAHA PEMBENIHAN IKAN

Pada masa benih ikan mempunyai laju pertumbuhan yang cepat. Agar bisa mencapai pertumbuhan yang maksimal maka ikan memerlukan asupan nutrisi yang lengkap terutama kebutuhan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan. Pakan yang berkualitas diperlukan bila kita ingin memaksimalkan pertumbuhan. Pakan yang diberikan untuk usaha pembenihan ikan biayanya lebih mahal dari pada usaha pembesaran.
hal ini memberikan konsekwensi terhadap tingginya biaya produksi pada usaha pembenihan ikan. Kemudian selain itu pada usia benih, ikan memiliki kondisi tubuh yang lemah gerakannya lambat dan belum memiliki kemampuan perlindungan diri dari serangan hama dan penyakit.

keadaan tersebut menunjukan meskipun usaha pembenihan menjanjikan perolehan keuntungan yang besar, tetapi di balik itu usaha pembenihan mempunyai resiko usaha yang tinggi. Resiko ini bisa muncul apabila pembenih tidak bisa menekan tingkat mortalitas benih. Tingkat mortalitas benih yang tinggi ini umumnya terjadi akibat keteledoran pembenih terutama lemahnya upaya pengendalian terhadap hama (predator) Pemangsa benih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar