Salah satu kegiatan utama siswa adalah belajar
Hampir setiap hari siswa di tuntut untuk belajar
Belajar yang benar membutuhkan ketrampilan
Ketrampilan dalam mendengar, membaca, menulis
Mencari ,mengolah dan mendengarkan informasi.
Hampir setiap hari siswa di tuntut untuk belajar
Belajar yang benar membutuhkan ketrampilan
Ketrampilan dalam mendengar, membaca, menulis
Mencari ,mengolah dan mendengarkan informasi.
Belajar memnuntut adanya kemauan daldiri siswa,
Gabungan antara ketrampilan belajar dkemauan,
membawa belajar lebih benar dan lebih menyenangkan
(Student Now Leader Tomorrow )
Tantangan Masa Datang
Bahwa di masa datang akan terjadi banyak perubahan, kita semua maklum.Berbagai referensi mengungkapkan prakiraan perolehan tersebut. Penggerak perubahan tersebut adalah laju perkembangan ilmu dan teknologi di satu pihak dan keterbatasan sumber-sumber kehidupan di lain pihak, serta adanya dan kemampuan manusia dalam mensiasati perobahan.
Gabungan antara ketrampilan belajar dkemauan,
membawa belajar lebih benar dan lebih menyenangkan
(Student Now Leader Tomorrow )
Tantangan Masa Datang
Bahwa di masa datang akan terjadi banyak perubahan, kita semua maklum.Berbagai referensi mengungkapkan prakiraan perolehan tersebut. Penggerak perubahan tersebut adalah laju perkembangan ilmu dan teknologi di satu pihak dan keterbatasan sumber-sumber kehidupan di lain pihak, serta adanya dan kemampuan manusia dalam mensiasati perobahan.
Menurut Ramalan (1990) salah satu  inovasi iptek yang sangat mengagumkan adalah pengembangan dan penggunaan  mikroelektronik yang berupa pengembangan peralatan yang lebih  kecil,lebih murah,lebih hemat enersi,lebih hadal, dan lebih berkecepatan  tinggi. Di masa dating,dampak pemanfaatan teknologi itu antara lain  adalah : a) gaya hidup teknologi canggih dengan tempo yang lebih tinggi  semakin meluas akibat dari meluasnya otomatisasi dan meningkatnya  pemanfaatan computer pribadi ; b) akibat penggunaan teknologi computer,  membawa perubahan pola hubungan di tempat kerja maupun dalam kehidupan  bermasyarakat ; c) otomatisasi dan pengendalian jarak jauh akan  meningkat menjadikan globalisasi wawasan dan berbagai kegiatan akan  meluas dan membawa terjadinya perubahan kebutuhan jumlah dan mutu tenaga  kerjaan; d) globalisasi dan saling ketergantungan baik nasional maupun  internasional akan meningkat (Parapak, 1990).
Untuk mampu bersaing di era globalisasi,  tentu di butuhkan manusia-manusia dengan criteria kualitas tertentu.  Tilaar (1990) menyatakan masyarakat global menuntut dan menghargai pada  kualitas, inisiatif dan kreatifitas, kerja keras serta produktifitas.  Mengacu pada tantangan dunia usaha dan industri di masa dating, Harsono  (1998) berpendapat perlunya tenaga yang : a) memiliki jiwa enterprenuer;  b) mampu berbahasa inggris dan atau bahasa internasional yang lain; c)  memiliki etos kerja yang tinggi dengan ditunjang disiplin diri ; d)  tanggap terhadap setiap perkembangan teknologi,arus globalisasi dan  informasi; serta e) berwawasan luas sehingga mampu berkiprah dalam  komonitas global. Sementara itu dimasa dating bisnis jasa dan informasi  dimasa datang tidak hanya akan memerlukan kecerdasan tinggi melainkan  juga kearifan manusiawi yang tinggi pula (Soetandyo,1994), untuk itu  mereka harus tetap sebagai manusia yang beriman dan berbertakwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa.
Lulusan Universitas Merdeka di masa  datang, di samping harus berkemampuan dalam bidang keilmuannya mereka  harus pula mampu menjadi “KAKAP BESAR” yaitu Kreatif, Analisis, Kritis,  dan berkemampuan meng-Ambil Keputusan. Di samping harus pula mampu  Belajar sepanjang hayat, ber- Sikap positif, Aktip-disiplin, dan  Rasional, karena :
a) kreatif-analisis-kritis yang merupakan syarat dasar untuk dapat mengoptimalkan fasilitas yang tersedia dalam berbagai teknologi informatika dan computer
b) mampu mengambil keputusan, dengan baik, benar dan bermutu,karena itulah yang menentukan keberhasilan seseorang di dalam kehidupannya.
c) Mampu dan mau membelajarkan diri sendiri sepanjang hayat; agar supaya tangguh dalam menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap perobahan
d) Bersikap positif, bermotifasi tinggi, berkemampuan dalam mendapatkan,mengolah,menggunakan dan menyalurkan informasi karena berbagai informasi iptek berobah dalam waktu yang cepat,untuk itu kemampuan berbahasa (bahasa Inggris khususnya ) dan berkomunikasi merupakan kemampuan dasar yang seharusnya di miliki ;
e) Disiplin, presisi,dan bekerja keras sebagai prasyarat untuk dapat menyesuaikan diri dalam memakai teknologi dan peralatan iptek-informasi masa datang;
f) Berpikir rasional karena iptek (khususnya computer ) bertumpu pada unsure-unsur logika;
Kemudian apa yang dapat dilakukan mahasiswa agar dapat menjadi lulusan dengan kualitas yang seperti itu ?
a) kreatif-analisis-kritis yang merupakan syarat dasar untuk dapat mengoptimalkan fasilitas yang tersedia dalam berbagai teknologi informatika dan computer
b) mampu mengambil keputusan, dengan baik, benar dan bermutu,karena itulah yang menentukan keberhasilan seseorang di dalam kehidupannya.
c) Mampu dan mau membelajarkan diri sendiri sepanjang hayat; agar supaya tangguh dalam menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap perobahan
d) Bersikap positif, bermotifasi tinggi, berkemampuan dalam mendapatkan,mengolah,menggunakan dan menyalurkan informasi karena berbagai informasi iptek berobah dalam waktu yang cepat,untuk itu kemampuan berbahasa (bahasa Inggris khususnya ) dan berkomunikasi merupakan kemampuan dasar yang seharusnya di miliki ;
e) Disiplin, presisi,dan bekerja keras sebagai prasyarat untuk dapat menyesuaikan diri dalam memakai teknologi dan peralatan iptek-informasi masa datang;
f) Berpikir rasional karena iptek (khususnya computer ) bertumpu pada unsure-unsur logika;
Kemudian apa yang dapat dilakukan mahasiswa agar dapat menjadi lulusan dengan kualitas yang seperti itu ?
Tingkatkan Kemauan Belajar
Megahnya ruang belajar, hebatnya kualitas dosen akan tidak berarti bila tidak ada kemampuan belajar dalam diri mahasiswa. Belajar hanya terjadi bila mahasiswa mau belajar (artinya dalam diri maha siswa ada kehendak,ada motifasi, ada kemauan untuk belajar ).
Megahnya ruang belajar, hebatnya kualitas dosen akan tidak berarti bila tidak ada kemampuan belajar dalam diri mahasiswa. Belajar hanya terjadi bila mahasiswa mau belajar (artinya dalam diri maha siswa ada kehendak,ada motifasi, ada kemauan untuk belajar ).
Kehendak belajar akan muncul, apabila  mahasiswa mengetahui apa manfaat yang akan di peroleh dari hal yang akan  di pelajari. Untuk itu setiap kali akan belajar, ketahui terlebih  dahulu apa untungnya mempelajari hal itu. Tanyakan manfaat matabelajar  kepada dosen anda. Atau buat, ciptakan sendiri dalam pikiran Anda  hal-hal yang menyenangkan yang akan anda dapat dari belajar sesuatu.  Misalnya, belajar bahasa inggris,pikirkan manfaat yang akan dapat anda  peroleh (dapat lebih banyak manfaatkan informasi internet, sebagai modal  ke luar-negeri, punya teman di Amerika, tidak lagi minder, dan  lain-lain).
Mengetahui manfaat yang akan didapat,  motivasi belajar akan meningkat. Motivasi yang telah muncul, harus  diperkuat dengan pikiran yang bersemangat.Untuk itu buatlah aktivitas  fisik yang juga bersemangat. Bagaimana mungkin, pikiran akan  bersemangat, bila anda duduk loyo, bertopang dagu, bermata sayu.  Semangatkan fisik anda.”pasang” mimic muka anda menjadi mimik muka orang  paling cerdas, duduklah dengan percaya diri, berdirilah dengan tegap.
Semangatkan pikiran anda melalui  gerakan, sikap tubuh, dan mimic wajah yang penuh energi. Bersamaan  dengan itu ciptakan lingkungan belajar yang membangkitkan gairah. Bila  Anda menyukai, dengarkan musik lembut sambil, pasang foto pacar (atau  foto orang tua,atau foto anda sendiri waktu berhasil mendaki gunung  semeru ) di meja belajar, buatlah hati anda bangga dan gembira.  Pokoknya, tatalah ruang belajar anda semau anda. Yang penting anda makin  krasan,gairah dan asyik untuk belajar.
Anda dituntut kreatif,mulailah dari  tatanan kamar belajar anda. Anda juga dituntut menjadi seorang yang  bersikap positif. Terapkan mulai sekarang. Jangan melihat sesuatu dari  segi jeleknya saja, jangan selalu mengeluh (cengeng !), jangan menarik  perhatian dengan membuat orang kasihan pada diri Anda. JANGAN! Mulai  berpikir dan bertindak positif. Kegagalan (yang boleh terjadi) adalah  sukses yang tertunda. Setiap musibah pasti ada hikmahnya. Setiap pribadi  pasti mempunyai sisi yang baik dan bermanfaat. Terapkan pikiran  rasional: Bahwa yang paling berperan, paling bertanggung jawab, paling  mampu untuk merubah kualitas diri, adalah diri sendiri.
Jangan lupa untuk selalu memohon  berkenan, bantuan,ijin dalam mencari pengetahuan dan kebijaksanaan dari  Yang Maha Berpengetahuan dan Yang Maha Bijaksana. Jangan lupa berdoa  Ringkasnya, belajar harus dimulai dari kemauan untuk belajar yang timbul  dalam diri. Untuk memunculkan kemauan perlu diketahui apa manfaat yang  akan didapat dari hal yang dipelajari. Kemudian tambahkan semangat dan  kegembiraan pikiran melalui sikap, perilaku fisik yang penuh enersi dan  lingkungan yang menyenangkan. Mulailah bersikap positif, jangan takut  gagal, berpikir rasional. Dan jangan lupa selalu memohon bantuan- Nya,  melalui doa dan tindakan.

Tingatkan Keterampilan Belajar
Bertinju tidak cukup bila hanya berbekal semangat (apalagi bonek) tetapi sangat dibutuhkan keterampilan. Demikian juga halnya dengan belajar. Semangat, motivasi dan stamina merupakan modal dasar yang harus dilengkap dengan berbagai ketrampilan (untuk) belajar. Apa keterampilan belajar yang seharusnya dikuasai mahasiswa?
Bertinju tidak cukup bila hanya berbekal semangat (apalagi bonek) tetapi sangat dibutuhkan keterampilan. Demikian juga halnya dengan belajar. Semangat, motivasi dan stamina merupakan modal dasar yang harus dilengkap dengan berbagai ketrampilan (untuk) belajar. Apa keterampilan belajar yang seharusnya dikuasai mahasiswa?
Kegiatan utama dalam belajar adalah  mendengar dan membaca informasi. Untuk itu harus dipunyai ketrampilan  agar mampu menjadi pendengar dan pembaca yang cerdas dan efektif. Untuk  itu diperlukan: keterampilan dalam membuat catatan. Saat ini, sebagian  dari anda tampak seperti membuat catatan-catatan. Bila dilihat dari  hasil catatan yang anda buat, bermacam-macam model. Ada yang mencatat  rapi hal-hal penting, ada yang berupaya mencacat sebanyak mungkin  informasi, ada pula yang catatannya seperti coretan dan penuh gambar,  dan lain-lain. Model  cacatan yang mana yang paling baik untuk anda?  Andalah yang dapat menjawabnya.
Namun menurut DePorter dan Hernacki  (1992) ada teknik mencatat yang efektif (bahkan dikatakan sebagai teknik  mencatat tingkat tinggi ), yaitu menggunakan peta pikiran (atau  beberapa referensi disebut sebagai peta kognitif, concept mapping ).  Melalui peta pikiran dapat dibuat suatu catatan yang menyeluruh dalam  satu halaman. Menggunakan berbagai symbol visual dan tanda-tanda  lain,catatan model peta pikiran mampu meningkatkan pemahaman dan  ingatan.
Peta pikiran dapat digunakan untuk  mencatat apa yang kita dengar,atau mencatat hal-hal yang kit abaca. Dan  sangat dianjurkan untuk menyusun ide tulisan/karangan. Di samping  menggunakan model peta pikiran,ada banyak cara lain untuk melakukan  catatan, seperti misalnya model Catat : TS (lihat Quantum Learning 1992:  162-166), model tulang ikan, model table, model bagan alir dan  lain-lain.
Keterampilan belajar lain yang sangat  diperlukan adalah : keterampilan menjadi pendengar yang cerdas. Tidak  sukar untuk menjadi pendengar yang baik, asal duduk tenang,  tersenyum,dan sedikit membuat catatan, kiranya telah dapat disebut  pendengar yang baik. Tetapi sekedar menjadi pendengar yang baik tidaklah  cukup. Anda harus menjadi pendengar yang cerdas.Ciri pendengar yang  cerdas adalah (a) sikap fisiknya mengekspresikan semangat dan perhatian  terhadap pembicara, (b) selama pendengar mengupayakan mengkaitkan secara  bermakna informasi yang di terima dengan pengetahuan yang telah  dipunyai, (c) sambil mendengarkan membuat pertanyaan-pertanyaan terhadap  informasi yang didengarnya, dan (d) berupaya untuk berpartisipasi aktif  dalam kegiatan Tanya jawab,diskusi atau demontrasi bila dilakukun.
Keterampilan berikut adalah :  keterampilan membaca cepat dan akurat. Banyak buku tentang teknik  membaca, dan bagaimana meningkatkan kemampuan membaca. Upayakan membaca  salah satu di antara buku-buku tersebut. Hal yang dapat dilakukan untuk  menjadi pembaca yang efektif adalah : (a) jangan membaca kata-demi  kata,bacalah kalimatnya, bacalah gaghasan-gagasannya. (b) baca lebih  dulu,secara selintas isi keseluruhan buku atau bab yang akan dibaca,  untuk mendapat gambaran umum tentang isi bacaan,gunakan daftar isi, atau  ringkasan bila tersedia, (c) gunakan jari atau benda lain sebagai  petunjuk, (d) buat catatan-catatan `selama atau pada akhir membaca-  gunakan misalnya peta pikiran – dan kemudian rangkumlah isi bacaan dan  gunakan pngingat tertentu.
Ketrampilan berkmunikasi, mencari dan  menghimpun informasi, merupakan ketrampilan lainuntuk belajar.  Ketrampilan ini merupakan gabunga dari (a). Kemampuan memakai  sumber-sumberinformasi –perpustakaan, internet, dll, (b). Kemampuan  berbahas a, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing, (c). kemampuan  berkomunikasi baik lisan maupun tulisan ,(d). Kerapihan dan keterrtiban  dalam menulis dan menyimpan informasi.
Ketrampilan Mengingat, sangatlah penting  dalam belajar. Dalam pelajaran banyakkhal yang kita ingat. Karena daya  ingat kita tidak sama , berbagai cara kita gunakan untuk mengingat  sesuatu. Diantarany yang paling kita kenal adalah penggunaan singkatan  /akronim. Banyak cara lain untuk menumbuhkan daya ingat seperti misalnya  tempat, waktu, benda dsb.
Ketrampilan bertanya, agar berhasil  perlu berani bertanya . Karena dalam pelajaran pasti banyak terdapat  banyak hal yang harus dpertanyakandan terlebih lagi tidak ada pertanyaan  yang jelek . kemampuan untuk bertanya , memang harus di latih. Untuk  itu (a). biasakan membuat 1-2 buah pertanyaan , baik dalam tulisan  ataupun langsung di ungkapkan, (b).Himpunlah setiap pertanyaan dan  jawaban yang pernah anda dapatdari pelajartn ynag di sampaikan, (c).  Cobalah mewnjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman –temanmu.
Tentu saja masih banyak ketrampilan  belajar lain. Namun apa yang diuraikan diatas adalah ketrampilan penting  yang harus di perlajaridan din gunakan sejak saat ini. Jangan malas  untuk berlatih , hasilnya memang tidak segera , tetapi pasti. Ringkasnya  ketrampilan belajar yang perlu di tingkatkan adalah sebagai gambar  berikut ini :


Rangkuman

Tujuan dari materi ini adalah agar siswa  dapat dapat memperoleh pengetahuan yang mampu mendorong sukses belajar.  Agar menjadi KAKAP BESAR dan bukan TERI (tersia-sia dan rendah diri),  kunci suksesnya gabungkan kemauaan dan ketrampilan belajar dalam setiap  belajar anda.

 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar