Rabu, 17 Juni 2009

keterbatasan dan kebiasaan aneh buaya

Keterbatasan
Keistimewaan unik fisiologi buaya adalah kemampuan mereka untuk tetap mempertahankan stamina hanya dengan jeda waktu yang singkat setelah beraktifvitas yang sangat melelahkan. Hal ini dapat terjadi selama memangsa, atau bahkan memerangi buaya lainnya. Kegiatan yang ekstrim ini dapat dilakukan tanpa oksigen, namun demikian kondisi tersebut harus diikuti dengan masa istirahat agar "asupan oksigen" dapat diganti. Akibat kegiatan anaerobik tersebut adalah terjadinya asam susu di dalam darah.




Meskipun buaya dapat menahan darah dengan tingkat keasaman lebih tinggi dari binatang lain, kadang-kadang hal tersebut dapat berakibat fatal. Hal ini adalah jawaban mengapa buaya yang lebih besar dengan ukuran lebih dari 5 m, sering mati ketika memangsa.


Kebiasaan Aneh
Buaya memiliki kecenderungan untuk menyimpan benda keras dan tidak tercerna di perutnya seperti misalnya. batu. Diduga batu tersebut digunakan untuk membantu menggiling makanan dan berfungsi sebagai pemberat. Adanya benda keras seringkah juga berasal dari orang-orang yang telah dimangsa oleh buaya. Sisa - sisa tubuh manusia dan peluru sering kembali dari perut besar buaya. Peluru biasanya berasal dari hewan lainnya yang telah tertembak mati, dan kemudian dimakan oleh buaya. Mangsa tersebut telah dicerna namun menyisakan pelurunya.

sumber : warta Pasar Ikan, Dir. Pemasaran Dalam Negeri, Dirjen P2HP, DKP, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar