Kamis, 12 April 2012

KASUS BUKU SD ISTRI SIMPANAN Penerbit Buku Pelajaran Bermasalah Akan Dipanggil Menteri

KASUS BUKU SD ISTRI SIMPANAN Penerbit Buku Pelajaran Bermasalah Akan Dipanggil Menteri. Kisah Bang Maman - Menteri endidikan akan memanggil penerbit yang menerbitkan buku terkait dengan kasus teks bacaan yang berjudul Istri Simpanan. Buku yang menurut para orang tua mutid dinilai tidak layak untuk anak seusia SD ini kini tengah menuai banyak kontroversi.

Kontroversi tentang adanya buku pelajaran tidak edukatif ini kini tengah dibahas oleh menteri pendidikan. Lihat juga Ramalan Harga Emas Investasi 2012 dan Cara Agar Ereksi Kuat Dan Tahan Lama.

Wakil Disdik DKI Jakarta Agus Suradika mengatakan mulai tahun ini pihaknya memang memberlakukan prinsip manajemen berbasis sekolah. Dengan kebijakan ini maka DKI memberikan keleluasaan bagi pihak sekolah untuk menentukan sendiri kebutuhan buku pelajaran termasuk buku muatan lokal.

"Hari ini kami sudah membahas dengan Kepala Bidang Sekolah Dasar terkait kebijakan manajemen berbasis sekolah itu, dan kami akan memanggil seluruh Kepala Sekolah Dasar termasuk Kepala SD Angkasa IX Halim, Jakarta Timur," ujar Agus kepada VIVAnews.com, Kamis, 12 April 2012.

Menurut Agus, pihaknya telah meminta pihak sekolah untuk tidak lagi menggunakan buku tersebut. "Sebab, kami tak punya wewenang menarik buku tersebut," terangnya.

Selain itu, lanjutnya, Disdik juga meminta kepada seluruh Kepala Sekolah untuk menelaah semua buku pelajaran yang digunakan para siswa. Mulai dari substansi, data hingga gambar yang ada dalam buku pelajaran itu.

"Semuanya akan kami seleksi agar tidak lagi terjadi seperti ini, karena merugikan peserta didik," ujarnya.

Program Seleksi

Maka, menurut Agus, Disdik akan membuat program seleksi buku pelajaran siswa baik di tingkat SD, SMP hingga SMA.

"Mudah-mudahan disetujui DPRD DKI. Ini merupakan masukan yang bagus dari masyarakat, kami sangat berterima kasih," ucapnya.

Dalam waktu dekat, Agus berharap keputusan atas kasus ini dapat segera diambil. Dia akan berkomunikasi secepatnya dengan pihak sekolah.

Sejumlah orang tua siswa SD Negeri Angkasa IX Jakarta Timur memprotes isi buku muatan lokal yang digunakan anak mereka. Dalam buku tersebut terdapat cerita yang mengesampingkan nilai-nilai moral, seperti menyebutkan cerita tentang istri simpanan.

Menurut para orang tua murid, cerita dalam buku atersebut dapat merusak moral siswa karena tak mendidik.

Kasus Buku Istri Simpanan, Buku SD Bermasalah, Buku Edukasi SD, Permendiknas, Protes BUku, BUku Pelajaran,











Tidak ada komentar:

Posting Komentar