Kamis, 12 April 2012

PREDIKSI BENCANA ALAM PASCA GEMPA BUMI ACEH 8,5 SR APRIL 2012 Ramalan Bencana Alam 2012 Gempa dan Tsunami

PREDIKSI BENCANA ALAM PASCA GEMPA BUMI ACEH 8,5 SR APRIL 2012 Ramalan Bencana Alam 2012 Gempa dan Tsunami. Berita - Pasca Gema bumi Aceh yang mengguncang Rabu 11/4/12 kemarin, kini banyak bermunculan berbagai pernyataan terkait dengan ramalan akan adanya gempa bumi sebagai dampak dari rentetan bencana alam gempa bumi Aceh kemarin. Ancaman bakal terjadi gempa bumi de beberapa titik seputar garis patahan gempa Aceh kemarin semakin santer di bicarakan.

Yang paling rentan akan dampak gempa Aceh kemarin adalah daerah Padang yang disebut sebut masih menyimpan potensi patahan yang aktif dan bisa terpicu terjadi gempa lagi selang kejadian gempa Aceh kemarin. Jika itu terjadi, satu juta lebih penduduk, di Padang, Pariaman, Painan, dan wilayah lain di Sumatera Barat serta Bengkulu, diperkirakan bakal terancam. Gempa macam ini berpotensi besar menimbulkan tsunami.

Namun, menurut pakar Paleotsunami Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eko Yulianto, hal itu belum tentu terjadi. "Kemungkinannya 50:50. Mungkin mempercepat atau tidak mempercepat," kata dia.Seperti dikutip vivanews.com

Meskipun demikian, dugaan gempa Aceh akan memicu gempa di Sumatera Barat juga dibantah Manajer Pusat Pengendali Operasi Penanggulanga Bencana Sumbar, Ade Edward

Secara ilmiah, ia menerangkan, zona gempa di Aceh berbeda dengan Mentawai. Jika pun berpengaruh, menurutnya, lebih ke kawasan sekitar lokasi gempa hingga Sumatera Utara. “Saya lebih mengkhawatirkan sejumlah gempa yang terjadi di Sumbar dalam kurun waktu tiga bulan belakangan, ini mungkin bisa memicu,” kata dia.

Tak hanya Sumatera, muncul juga kekhawatiran gempa Aceh juga akan diikuti lindu di Pulau Jawa, khususnya di pesisir Selatan. Terkait itu, peneliti gempa dari Universitas Gajah Mada (UGM), Subagyo, mengatakan bahwa kemungkinannya sangat kecil. Meski Aceh dan Jawa berada di lempeng yang sama.

Sebab, jaraknya sangat jauh dan kejadian gempa ini diluar zona subduksi. Apalagi, kerak samudra di Aceh diperkirakan berumur 70 juta tahun, sedangkan kerak samudra yang ada di selatan Pulau Jawa usianya dua kali lipatnya, lebih tua. “Sangat kecil kemungkinan gempa di Aceh kali ini akan memicu juga gempa di selatan Pulau Jawa,” tambah dia.

“Ini pengalaman baru bagi Indonesia dan sesuatu yang unik karena usia kerak samudra yang usianya sudah 70 juta tahun dan diperkirakan mati namun dalam kenyataanya masih aktif. Bisa juga diibaratkan seperti gunung berapi yang dinyatakan mati namun mendadak meletus karena pelepasan energi, yang disimpan dalam kerak bumi,” jelas dia.

Pergerakan horizontal gempa Aceh diperkirakan akan menimbulkan pergerakan yang lainnya pada zona diluar zona subdiksi. “Gempa utama dan disusul dengan gempa susulan masih satu jalur dengan pergerakan utara selatan dan terjadi secara beruntun,” kata dia.
Wilayah mana yang berpotensi “dirambati” gempa Aceh? “Jika terjadi gempa lagi maka potensi gempa besar dapat terjadi di sekitar Pulau Andaman,” kata dia. Andaman adalah wilayah India di Samudera Hindia.
Prediksi Gempa Bumi, Bencana Alam 2012, Tsunami, Jawa, Padang, Kiamat 2012, Lempeng, Kerak Bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar