Jumat, 06 April 2012

“ Rapat Koordinasi Implementasi Kebijakan Kelembagaan,Pembiayaan dan Investasi Pertanian dan Perikanan”





 Humas Setdakab Batu Bara
            SiaranPers
            Nomor             : 05/Humas/ SP/ 04/ 2012
            Hari/Tanggal   : Rabu, 04 April 2012
            Lokasi             : Hotel Inna Parapat Sumatera Utara


           
Bupati Batu Bara H. OK. AryaZulkarnain SH, MM saat memberikan kata sambutan mengatakan Kabupaten Batu Barakhususnya di bidang perikanan dan kelautan memiliki potensi yang cukup besar antara lain garis pantai + 62KM, potensi perikanan tangkap dengan armada Pakal Perikanan sebanyak 1.900 unitdengan jumlah nelayan + 22.000 orang dengan produksi rata – rata 30.000Ton/Tahun, Potensi Budidaya Perikanan , Budidaya Air Tawar 125 Ha, Air Payau750 Ha. Mengingat masyarakat Kab. Batu Bara yang berada di garis pantai dominanberkategorikan miskin maka Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perikanan danKelautan telah menetapkan 5 (lima) program antara lain :
1.   Pembinaan/Pelatihanan kepada Nelayan, pembudidaya ikandan pengolah hasil perikanan dalam   rangka meningkatkan pengetahuan danperikanan.
2.  Penyediaan sarana dan Prasarana untuk nelayan,pembudidayaan ikan dan pengolah hasil pertanian antara lain dengan memberikanalat pengolah ikan dan pembudi dayaan ikan sarana tambak, kolam air tawar danbibit ikan tawar dan ikan air payau.
3.     Membantu dana asuransi kepada nelayan kecil
4.   Penerbitan surat izin usaha perikanan dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) bagi kapal yang berukuran kurang dari 10 GT
5.     Peningkatan pengawasan thd kapal yang beroperasi diwilayah Kab. Batu Bara

Bupati juga mengatakan, mengingatKab. Batu Bara merupakan sentra perkebunan sawit dan tanaman kakao rakyat diSumatera Utara. Pada Tahun 2013 Dinas Perkebunan akan melakukan peremajaan danpenggantian bibit kelapa sawit dan tanaman kakao palsu dengan bibit bersertifikatserta melalui Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan telahmengoptimalisasikan tenaga penyuluh dengan melakukan penyediaan sarana danprasarana tenaga penyuluh

KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
dto.    
RADYANSYAH F. LUBIS, S. Sos
PEMBINA
NIP. 19740519199402 1 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar