Kamis, 12 April 2012

Kisah Bang Maman & Istri Simpanan di Buku Kelas 2 SD

Kisah Bang Maman & Istri Simpanan di Buku Kelas 2 SD - Donny BU (36) terperanjat. Buku pelajaran kelas 2 SD milik keponakannya memuat kisah yang dinilainya belum pantas untuk anak seusia itu. Adalah kisah 'Bang Maman dari Kali Pasir' yang menjadi persoalan.

Inti cerita 'Bang Maman' itu sebenarnya mengajarkan anak kelas 2 SD mengetahui mana sifat baik dan mana yang buruk. Namun secara keseluruhan, kisah itu dinilai mirip sinetron yang tak pantas buat anak kelas 2 SD.

"Masa anak kelas 2 SD diajarkan soal materi adanya istri simpanan?" kata Donny yang juga pegiat internet sehat saat berbincang dengan detikcom, Kamis (12/4/2012).

Kisah 'Bang Maman' ini dimuat dalam buku Pendidikan Lingkungn Budaya Jakarta, yang merupakan muatan lokal. Keponakan Donny, mesti membaca cerita ini hingga tuntas dan menghapalnya, karena kisah ini akan menjadi materi ulangan harian.

Sang keponakan mendapatkan buku ini dari sekolahnya di sebuah SD di Jakarta Timur. Buku itu dibeli paket dari sekolah. Buku itu diterbitkan PT MK dan kisah Bang Maman ada di halaman 30.

Adapun materi kisah Bang Maman secara ringkas bertutur mengenai kehidupan Bang Maman, seorang pedagang buah yang memiliki anak bernama Ijah. Nah, Bang Maman kemudian menikahkan putrinya itu dengan Salim, putra dari Pak Darip orang kaya di Kali Pasir.

Hingga kemudian Pak Darip meninggal dan mewariskan kebun yang sangat luas. Salim yang lugu meminta seseorang bernama Kusen untuk mengurus kebunnya. Namun Kusen dan istrinya malah mengkhianati Salim. Kebun yang luas dijual seluruh dan Salim pun jatuh miskin.

Ijah yang telah menjadi istri Salim diminta ayahnya, Bang Maman, untuk menceraikan suaminya itu. Ijah tidak mau dan tetap setia pada Salim. Bang Maman pun menyusun strategi, dibuatlah skenario adanya wanita lain bernama Patme yang pura-pura mengaku menjadi istri Salim. Patme mendatangi Ijah mengaku istri simpanan. Ijah pun percaya dan akhirnya menceraikan Salim.

Kisah itu tidak berhenti di situ namun masih berlanjut sampai pada akhir cerita, di mana setelah Ijah bercerai dengan Salim, dia hendak dinikahi perampok, yang menyamar menjadi orang kaya. Calon suami Ijah itu akhirnya ditangkap polisi saat pesta pernikahan digelar.

Setelah membaca kisah yang mirip sinetron itu, siswa mendapatkan pelajaran "untuk diingat". Isi dari materi itu adalah pengalaman yang dapat diambil dan nilai luhur dari kisah itu.

"Jadi kisah itu mesti dihapal, siapa yang baik, siapa yang jahat. Tapi apa pantas kisah seperti itu untuk anak kelas 2 SD?" ujar Donny yang juga membagi keluhannya dalam twitter.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar