Rabu, 04 April 2012

Budidaya Ikan Lele Dumbo

Wirausaha  adalah salah satu jalan menuju sukses. LEle merupakan salah satu quota yang masih banyak diminati saat ini, sebagaimana ikan lele ini dapat dijadikan beraneka ragam masakan kuliner.Untuk para petani ikan yang ingin memelihara atau budidaya ikan, inilah sepenggal teknik Budidaya Ikan Lele Dumbo:


1.) Pembuatan Kolam Lele Dumbo
Kolam pembesaran di buat dengan ukuran 7x5 meter dan kedalaman 1 meter,setelah itu kolam di keringkan selama lebih kurang 3 hari agar tanah menjadi steril.pada hari ke empat ditaburkan kapur 1gr/meter persegi,dan juga pupuk kandang sebanyak 700 gram per meter persegi dan di biarkan selama 3 hari tanpa air.pada hari ke 7 kolamtadi di beri air lebih kurang 20-30cm dan di biarkan selama 1 minggu sampai air berwarna hijau untuk mempertahankan bibit lele.setelah itu tambahkan air dengan ketinggian 95cm.

2.) Penebaran Bibit
Setelah kolam di beri air kemudian bibit lele di tebar. Penebaran lele di lakukan pada pagi hari dengan padat penebaran 40 ekor/meter persegi untuk bibit 1 bulan (ukuran 5-10cm). Lele di beri makan hytoplankton dan zooplankton,serta di beri makanan tambahan berupa bangkai,ikan basah, sisa-sisa industri rumah tangga yang di buat adonan yang di kepal-kepal, kemudian di masukkan ke dalam kolam.
Adapun makanan tambahan yang cukup menunjang pertumbuhan ikan Lele:
>di atas saluran air di beri WC.
>sisa-sisa makanan dari dapur.
>kotoran ayam dengan sistem tumpang sari/mina ayam.
>bangkai ayam atau itik yang di bakar.

3.) Penanganan Terhadap Wabah Penyakit Pada Lele DUmbo
Lele Dumbo biasanya mudah di serang oleh bakteri aeroemonas hydrophula,yang di sebabkan oleh lingkungan yang jelek.dengan tanda- tanda tubuh lele timbul bisul serta hati dan limfa lele rusak.
Untuk menanggulangi penyakit tersebut,dapat di lakukan dengan beberapa cara,seperti:
a)Penggantian air kolam secara teratur(jika air kolam sudah sangat kotor). Pada saat mengganti air sebaiknya jangan 100% melainkan sekitar <50% dimaksudkan agar ikan lele tidak setres dengan perubahan yang begitu mencolok di lingkungannya.
b)Pengapuran air kolam dengan dosis 100 gr/meter persegi.
c)Pencampuran pakan dengan antibiotika(tetracylin) dengandosis 1 cc setiap 10 gram berat lele perhari selama 2 minggu.
d)Bila ada Lele yang  terserang penyakit bisa di obati dengan larutan garam dapur dengan konsentrasi 30 gram/ liter air.

4.) PEMANENAN:
Pemanenan lele dumbo bisa di lakukan pada umur kurang lebih 3 bulan terhitung sejak awal penebaran bibit lele, ukurannya berkisar 1ons-1kg.
Selamat mencoba Budidaya Ikan Lele Dumbo!
mau tau info menarik lainnya? klik dsni 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar