Kamis, 05 April 2012

MAKALAH INSECTA IN AQUATIC


                Nama: Rani Rehulina Tarigan
                NIM       : 105080512011001
INSECTA IN AQUATIC

PENDAHULUAN
                Struktur Komunitas serangga air di Sungai Esparza,Kosta Rika. Yang terfokus pada serangga air dalam skala spasial dan temporal diSungai Esparza. Sungai itu sampel selamasatu tahun penuh sepanjang tahun 2007. Selama bulan-bulan musim kemarau aliranrendah, lima poin sampling dipilihdalam dua habitat yang berbeda (arus dan kolam), dengan lima ulangan per situssampel. Selama musim hujan denganhujan puncak, hanya data dalam "habitat saat ini" itu sampel disetiap situs. Spesimen hadir dalam berbagai substrat dikumpulkan dan diawetkan di situ. Sebuah ANOVA bersarang kemudianditerapkan pada data untuk menentukan kekayaan dan kepadatan sebagai variabel respon. Variasi dalam skala temporal dan spasial dianalisis dengan menggunakanlebar, kedalaman dan debit sungai, dankemudian dianalisis menggunakan ANOVAbersarang. Hanya korelasi 51% kesamaandalam kekayaan ditemukan, sedangkandalam skala spasial, kekayaan menunjukkan variasi yang signifikan antara sampel situs, tetapi tidak antara habitat. Namun, skalatemporal yang menunjukkan perbedaansignifikan antara habitat. Kepadatanmenunjukkan perbedaan antara situs dan habitat selama musim kemarau dalam skalaspasial, sementara di skala variasitemporal yang signifikan yang ditemukan antara lokasi pengambilan sampel. Lebarbervariasi antara habitat selamamusim kemarau, tetapi tidak antara titiksampling. Kedalaman menunjukkanperbedaan antara lokasi pengambilan sampel dan musim. Ini pekerjaan studi pentingnya struktur komunitasserangga air di sungai, dan relevansinya untuk kualitas
Keanekaragamanmengacu pada jumlah berbagai jenis organisme yang ditemukan dalam komunitasbiologis. Secara umum, masyarakat dengan keragaman tinggi lebih stabil.Pencemaran dan / atau gangguan habitat sering dapat menghilangkan spesiestoleran, dan karena itu mengurangi keragaman. Jadi jika suatu daerah menjaditercemar, jumlah organisme mungkin tetap sama, tetapi dapat menurunkankeragaman. Macroinvertebrateklasifikasi Sebuah mengejutkan 95%lebih dari satu juta spesies di dunia adalah invertebrata. Tentang 900.000serangga telah diidentifikasi, dan para ilmuwan percaya bahwa mungkin adajumlah setara masih harus identified.2 Sebuah skema klasifikasi yang diperlukanuntuk melacak mereka semua. Organisme diklasifikasikan ke dalam kelompokorganisme yang sama yang dapat dibedakan dari kelompok lain dari organisme.
ISI
Kategori-kategoriutama dari kelompok yang digunakan untuk mengklasifikasikan adalah: kerajaan,filum, kelas, ketertiban, keluarga, genus, dan spesies. Kategori ini adalahhirarkis.
Berikutadalah contoh dari sistem klasifikasi untuk lalat umum:
Kerajaan
              : Animalia (hewan)
Filum
                     : Arthropoda (arthropoda)
Kelas
                     : Hexapoda (hexapods)
Subclass
               : Insecta (serangga)
Ordo
                      : Diptera (lalat benar)
Keluarga
              : Muscidae (muscid lalat)
Genus
                  : Musca
Spesies
                 : domestica

ANATOMI  DAN MORFOLOGI SERANGGA
                Seranggamemiliki 3 bagian utama dengan anatomi mereka: kepala, dada, dan perut. Kepalaberisi mata, antena dan mulut. Serangga menggunakan antena untuk hal-hal yangbau dan sentuhan. Thorax memiliki tiga segmen, dengan sepasang kaki padamasing-masing dan biasanya dua pasang sayap (atau pembalut sayap). Seranggadewasa dan larva banyak atau nimfa memiliki enam kaki tersegmentasi.Seringkali, segmen terakhir memiliki cakar kecil yang membantu mereka berpegangteguh pada batu, daun, dan kotoran lainnya. Kadang-kadang, insang dapatditemukan pada dada seperti yang tercantum pada nimfa stonefly pada Gambar 6.Perut berisi ekor serangga. Insang juga dapat ditemukan pada perut seperti yangtercantum pada nimfa LALAT KADIS.
                Bentuk tubuh pipih memungkinkan serangga untukhidup di lapisan batas dan tidak terbawa oleh arus. Substrat: Substrat menyediakan sumber makanan dantempat tinggal bagi macroinvertebrates. Degradasi substrat dapat menghancurkansebuah komunitas macroinvertebrate bahkan ketika kualitas air tetap baik. Batu,puing-puing, dan pasir menawarkan berbagai jenis niche untuk serangga air disungai yang mengalir cepat. Serasah daun, ganggang, dan tanaman air memberikanhabitat yang cocok untuk makro-invertebrata di sungai bergerak lambat.
HABITAT
Kebanyakanserangga yang mendarat di air terperangkap oleh tegangan permukaan air, danyang kecil bahkan dapat tenggelam di dalam tetesan air, tidak mampu untukkeluar dari permukaan gelembung. Serangga air mengatasi dengan memilikiwaterproofed kulit sehingga sejumlah besar air tawar tidak berdifusi ke dalamtubuh. Banyak ditutupi dengan lapisan lilin yang menolak air. Mereka jugabiasanya memiliki kaki berbulu atau lilin, yang mengusir air sehingga merekatidak terjebak oleh tegangan permukaan air.
Arus ekosistembentuk bantuan sungai. Invertebrata air bergantung pada saat ini untuk membawanutrisi turun dari hulu, hilir dan limbah siram. Tercepat saat ini tepat dibawah permukaan, dan paling lambat di atas dan di sepanjang bagian bawah(akibat gesekan dengan udara dan substrat). Tanah sekitar wilayah pengaruhdebit. Jika suatu daerah dapat menyerap hujan deras, maka debit dapat relatifstabil. Namun, jika sungai dikelilingi oleh permukaan kedap, seperti tempatparkir beton atau jalan-jalan, debit bisa sangat tidak menentu dan tinggi (dansuhu bisa hangat). Seperti air mengalir di atas bebatuan, lapisan bataspelindung, sekitar 1-4 mm, dibentuk di mana kecepatan arus jatuh secaradramatis.
SIKLUS HIDUP
Serangga baikpergi melalui metamorfosis metamorfosis lengkap atau tidak lengkap.Metamorfosis lengkap memiliki tiga tahap utama: telur, nimfa, dan dewasa.
• Telur - Sebuah serangga betina bertelur. Telur-telur ini sering dibahas olehkasus telur, yang
 melindungi telur dan memegang merekabersama-sama.

• Nymph - Telur menetas menjadi nimfa. Peri terlihat seperti orang dewasakecil, tapi biasanya
 tidak memiliki sayap. Nimfa gudang ataumeranggas exoskeletons mereka (casing luar
 yang terbuat dari zat keras yang disebutkitin) dan menggantinya dengan yang lebih
 besar beberapa kali saat mereka tumbuh.Kebanyakan nimfa meranggas 4-8 kali.

• Dewasa - Serangga berhenti molting ketika mereka mencapai ukuran dewasamereka.
Pada saat ini,mereka juga tumbuh sayap.
Kehidupan siklusuntuk serangga air mungkin sangat pendek atau sangat panjang. Sebagai contoh,seekor nyamuk memiliki siklus hidup dua minggu, sementara beberapahellgrammites mengambil 4 atau 5 tahun untuk menyelesaikan satu siklus hidup.Ada tiga jenis siklus hidup dalam aliran beriklim sedang: Musim siklus hidup lambat. Hal ini dapat terjadidi sungai dingin. Serangga tumbuh selama musim gugur dan musim dingin,sementara makan pada detritus daun. Kepompong dan orang dewasa akan muncul dariakhir musim dingin ke musim panas awal. Contoh serangga musim siklus hidup yanglambat mencakup beberapa lalat capung, stoneflies, dan caddisflies.
Cepat musimsiklus hidup. Sebuah siklus musim yang cepat hidup adalah di mana pertumbuhanyang belum dewasa adalah cepat setelah telur panjang atau diapause larva.Mereka mungkin tinggal dalam tahap telur dari Agustus sampai Maret, tahap larvadari Maret sampai Mei / Juni, dan menjadi dewasa pada bulan Juni atau Juli.Sebuah contoh dari kehidupan serangga musim siklus yang cepat mencakup beberapacaddisflies.
Nonseasonalsiklus hidup. Ini adalah individu di mana beberapa tahap atau ukuran yang hadirdi semua musim. Sebuah contoh akan hellgrammites. Pernapasan bawah air
Air adalah jauh lebih berat daripada udara dan tidak ada oksigen di udara lebihbanyak (20%) daripada di air. Jadi, dalam rangka untuk mengambil oksigen dariair, serangga akan memiliki untuk memproses banyak air untuk mendapatkan jumlahyang cukup oksigen. Itu mungkin salah satu alasan mengapa serangga air dewasaterus menghirup udara bukan insang berkembang. Biasanya hanya larva seranggaair mengembangkan insang menyerap oksigen dari air.
                Serangga air memiliki beberapa adaptasi menarikuntuk bernapas di bawah air:
Snorkeling dengan tabung pernapasan. Larva nyamuk dan air menggunakan tabungpernapasan kalajengking. Ujung tabung biasanya memiliki bulu untuk memecahtegangan permukaan air dan menjaga tabung terbuka. Metode ini, bagaimanapun,tidak memungkinkan serangga untuk perjalanan jauh dari permukaan air.
Beberapaserangga air menciptakan sebuah "tangki udara" untuk kebebasan yanglebih besar gerakan bawah air. Ada dua jenis tangki udara: Salah satu jenis,digunakan oleh kumbang air, menggunakan kulit udara yang terjebak olehrambut-rambut pada tubuh atau di bawah selimut sayap. Serangga bernafas udaradalam gelembung melalui lubang di bagian perutnya (spirakel) seperti seranggalainnya. Tipe kedua, disebut bel menyelam digunakan oleh laba-laba air. SpiderAir (Argyroneta aquatica) tidak serangga, tetapi disesuaikan sangat baik untukkondisi air. Ia hidup di bawah air dengan menciptakan ruang udara di bawah air.Ini mengumpulkan gelembung kecil udara dari permukaan kaki berbulu yangbelakang, kemudian melepaskan ke web sutra tenunan antara gulma air.
Gelembung memungkinkanserangga untuk menyerap oksigen langsung dari air. Sebagai serangga menggunakanoksigen dalam gelembung, oksigen terlarut dalam air berdifusi ke dalamgelembung sehingga serangga benar-benar bisa mendapatkan oksigen lebih dariyang awalnya dalam gelembung. Namun, nitrogen harus hadir untuk ini terjadi.Nitrogen menyediakan stabilitas gelembung (berdifusi lebih lambat ke dalam airdari gas-gas lainnya). Laba-laba kembali ke permukaan untuk mengisi nitrogenbukan untuk mendapatkan oksigen segar. Para pasangan laba-laba dan bertelur didalam ruangan ini. Bayi laba-laba meninggalkan ruangan dan menemukan kolam barudengan balon - trailing helai sutra di angin, yang memungkinkan untuk terbang!
Berjalan di airwaterWalking Sepatu. Beberapaserangga air meluncur di permukaan air dengan mendistribusikan berat badanmereka lebih panjang, tipis, kaki tahan air. Mereka mendayung dengan pasangantengah kaki, mengarahkan dengan kaki belakang dan menggunakan kaki depan pendekuntuk menyerang dan terus mangsa. Jet ski. Kumbang Kamper (Stenus) juga sepatudi permukaan air. Ketika khawatir, ia melepaskan bahan kimia dari belakangkakinya yang mengurangi tegangan permukaan air. Dengan cara ini, permukaan airketegangan di depan menariknya ke depan. Ini tunas ke depan pada kaki depanyang mengulurkan seperti ski, dan mengarahkan diri dengan meregangkanabdomennya. Ini kumbang kecil adalah ukuran sebutir beras, tetapi dapatmelakukan perjalanan hampir 1m cara kedua ini! Ini tidak berburu di air, tetapidi tepi air, dan menyimpan trik ini untuk menghindari predator.
Air lainnya adaptasi
Efek riak:Sebagian besar serangga air yang sensitif terhadap riak air untuk mendeteksipemangsa atau mangsa. Beberapa bahkan membuat mereka sendiri riak di permukaanair dan proses kembali "gema" untuk mendeteksi mangsanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar